Skripsi atas
nama Yoga Valdano , nim
08.23.09377.
Judul
Skripsi : KREATIVITAS
PESERTA DIDIK DALAM MEMBUAT KERAJINAN TANGAN PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA
DAN KETERAMPILAN (Studi Kasus di SDN10 Palangka).
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH PALANGKARAYA, TAHUN 2012
CONTOH ISI
WAWANCARA SKRIPSI KUALITATIF DENGAN JENIS STUDI KASUS :
Wawancara
Dengan
Nama/kode
|
:
|
PURNAMA
SINTA, S.Pd / K.S
|
Tgl/bulan
|
:
|
5 Juni 2012
|
|
|
|
Isi
Deskripsi Hasil Wawancara
1.
|
P
|
:
|
Menurut Ibu bagaimana
pelaksanaan mengajar kerajinan tangan kelas IV dan V khusunya di SDN-10
Palangka?
|
|
K.S
|
:
|
Berjalan dengan lancar dan
baik. Guru yang mengajar SBK ini selalu ada di dalam kelas dan mengisi absen.
Seandainya guru tersebut tidak hadir, maka guru tersebut memberi tugas kepada
siswa atau siswa belajar dengan guru yang sedang piket pada hari itu.
|
2.
|
P
|
:
|
Apa saja hasil karya
kerajinan tangan yang sudah dibuat oleh peserta didik dalam pembelajaran Seni
Budaya dan Keterampilan?
|
|
K.S
|
:
|
Soal itu bisa ditanya
langsung kepada guru mata pelajaran SBK, karena guru tersebut yang
mengajarkan kepada mereka.
|
3.
|
P
|
:
|
Hambatan apa saja yang
dialami guru maupun peserta didik dalam pembelajaran seni budaya dan
keterampilan khususnya dalam membuat kerajinan tangan ?
|
|
K.S
|
:
|
Hambatannya yaitu dalam
masalah bahan, karena sebagian bahan susah dicari seperti rotan untuk membuat
anyaman. Akan tetapi, yang sangat mempengaruhi adalah keterampilan gurunya
yang masih minim/kurang dalam mengajarkan praktek membuat karya kerajinan tangan.
|
4.
|
P
|
:
|
Bagaimana penggunaan
metode yang diterapkan oleh guru dalam pembelajaran seni budaya dan
keterampilan khususnya dalam membuat kerajinan tangan.
|
|
K.S
|
:
|
Demonstrasi, saling
berkomunikasi, mengajarkan teori dan tanya jawab antara guru dan murid, serta
murid mempraktekan yang telah diajarkan guru dalam membuat kerajinan tangan.
|
5.
|
P
|
:
|
Bagaimana interaksi guru
dengan peserta didik dalam mengajarkan seni budaya dan keterampilan?
|
|
K.S
|
:
|
Saling berkomunikasi,
saling bertanya jawab antara guru dan murid, kadang guru bertanya muridpun
menjawab dan begitu pula sebaliknya.
|
Wawancara
Dengan
Nama/kode
|
:
|
RUSENI, S.Pd
/ 6.4
|
Tgl/bulan
|
:
|
6 Juni 2012
|
|
|
|
Isi
Deskripsi Hasil Wawancara
1.
|
P
|
:
|
Metode apa saja yang ibu
gunakan dalam pembelajaran seni budaya dan keterampilan untuk membuat kerajinan
tangan
|
|
K.S
|
:
|
Ceramah, demonstrasi,
tanya jawab antara guru dan murid, mengajarkan teori kearah praktek.
|
2.
|
P
|
:
|
Bagaiamana interaksi ibu
dengan peserta didik untuk menyampaikan materi karya dalam membuat kerajinan
tangan.
|
|
G.4
|
|
Baik, baik, menyesuaikan
keadaan pada minat peserta didik, menyampaikan dan mnjelasakan teori secara
maksimal.
|
3.
|
P
|
:
|
Apakah ada hambatan ibu
dalam mengajarkan karya kerajinan tangan khususnya yang mengarah pada
praktek?
|
|
G.4
|
:
|
Tidak bisa melaksanakan
praktek secara maksimal karena untuk memperoleh bahan baku seperti tanah liat
dan bambu sulit didapatkan.
|
4.
|
P
|
:
|
Bagaimana minat peserta
didik selama mengikuti proses pembelajaran dalam membuat karya kerajinan
tangan yang ibu laksanakan ?
|
|
G.4
|
:
|
1. Terbatasnya bahan yang
dapat digunakan untuk mengajarkan karya kerajinan tangan
2. Alokasi waktu yang kurang
|
Wawancara
Dengan
Nama/kode
|
:
|
RUSLIWATY /
G.5
|
Tgl/bulan
|
:
|
5 Juni 2012
|
|
|
|
Isi
Deskripsi Hasil Wawancara
1.
|
P
|
:
|
Metode apa saja yang ibu
digunakan dalam pembelajaran seni budaya dan keterampilan untuk membuat karya
kerajinan tangan?
|
|
G.5
|
:
|
Menerangkan cara membuat
karya kerajinan tangan misalnya cara membuat anyaman dari kertas karton dan
dalam mengajarkan SBK lebih banyak mengajarkan teori supaya peserta didik
lebih mengerti dalam mata pelajaran SBK karena setelah pembelajaran selalu
melakukan tanya jawab.
|
2.
|
P
|
:
|
Bagaimana interaksi ibu
dengan peserta didik untuk menyampaikan materi dalam membuat karya kerajinan
tangan ?
|
|
G.5
|
:
|
Saling berkomunikasi
antara guru dan murid setelah itu menjelaskan teori tentang membuat anyaman
|
3.
|
P
|
:
|
Apakah ada hambatan ibu
dalam mengajarkan karya kerajinan tangan khususnya yang pada praktek ?
|
|
G.5
|
:
|
Ada, Terutama dalam
masalah bahan, karena mencari bahan sebagian susah dicari seperti rotan untuk
membuat anyaman. Jadi, bahan yang sederhana seperti karton dapat dipraktekan.
Dan praktek pada mata pelajaran SBK hanya sebagian saja dilaksanakan pada
buku paket.
|
4.
|
P
|
:
|
Bagaiaman minat peserta
didik selama mengikuti proses pembelajaran dalam membuat karya kerajinan
tangan yang ibu laksanakan ?
|
|
G.5
|
:
|
Sebagian peserta didik ada
yang kreatif dan sebagian ada yang tidak kreatif untuk membuat kerajinan
tangan. Tetapi, mereka yang tidak kreatif ini lebih banyak diruangan.
|
5.
|
P
|
:
|
Hambatan apa saja selama
ini ibu alami dalam mengajarkan karya kerajinan tangan ?
|
|
G.5
|
:
|
Tidak semua peserta didik
dapat membuat kerajinan tangan dengan kemampuan mereka masing-masing.
|
Wawancara
Dengan
Nama/kode
|
:
|
NADIA /4.4
|
Tgl/bulan
|
:
|
7 Juni 2012
|
|
|
|
Isi
Deskripsi Hasil Wawancara
1.
|
P
|
:
|
Apakah Anda pernah membuat
suatu karya kerajinan tangan selama pembelajaran seni buda dan keterampilan ?
|
|
4.4
|
:
|
Tidak pernah, Karena
gurunya langsung memberi soal setelah membuat catatan, setelah itu menyuruh
kami menggambar.
|
2.
|
P
|
:
|
Apa saja praktek yang
sudah dilakukan dalam pelajaran seni budaya dan keterampilan :
|
|
4.4
|
:
|
Tidak pernah membuat
kerajinan tangan paling sering disuruh mencatat, kalau tidak mencatat kami
disuruh membaca di perpustakaan.
|
3.
|
P
|
:
|
Apakah anda menyukai
praktek yang sudah dilakukan pada mata pelajaran seni buday dan keterampilan?
|
|
4.4
|
:
|
Suka. Karena prakteknya
mudah saja, seperti menggambar menulis dan membaca buku.
|
4.
|
P
|
:
|
Apakah anda pernah
mengalami kesulitan dalam membuata karya kerajinan tangan?
|
|
4.4
|
:
|
Pernah. Pada saat
mengerjakan soal, karena tidak boleh melihat buku.
|
5.
|
P
|
:
|
Apakah anda dengan mudah
menerima penjelasan dari guru tentang cara membuat karya kerajinan tangan?
|
|
4.4
|
:
|
Mudah, karena penjelasan
dari ibu itu gampang saja.
|
Wawancara
Dengan
Nama/kode
|
:
|
SARI / 4.5
|
Tgl/bulan
|
:
|
7 Juni 2012
|
|
|
|
Isi
Deskripsi Hasil Wawancara
1.
|
P
|
:
|
Apakah anda pernah membuat
suatu kerya kerajinan tangan selama pelajaran seni budaya berlangsung dan
keterampilan.
|
|
4.5
|
:
|
Tidak, Guru hanya menyuruh
mengerjakan soal
|
2.
|
P
|
:
|
Apa saja praktek yang
sudah dilakukan dalam membuat karya seni budaya dan keterampilan?
|
|
4.5
|
:
|
Mencatat, menggambar dan
membaca buku.
|
3.
|
P
|
:
|
Apakah anda menyukaki
praktek yang sudah dilakukan pada mata pelajaran seni budaya dan
keterampilan?
|
|
4.5
|
:
|
Suka, Karena penjelasan
ibu guru enak saja.
|
4.
|
P
|
:
|
Apakah anda pernah mengalami
kesulitan dalam membuat karya kerajinan tangan?
|
|
4.5
|
:
|
Tidak ada, karena sudah
dijelaskan oleh gurunya.
|
5.
|
P
|
:
|
Apakah anda dengan mudah
menerima penjelasan dari guru tentang cara membuat karya kerajinan tangan?
|
|
4.5
|
:
|
Mudah
|
Wawancara
Dengan
Nama/kode
|
:
|
REZA / 4.6
|
Tgl/bulan
|
:
|
7 Juni 2012
|
|
|
|
Isi
Deskripsi Hasil Wawancara
1.
|
P
|
:
|
Apakah anda pernah membuat
suatu karya kerajinan tangan selama pembelajaran seni budaya dan
keterampilan.
|
|
4.6
|
:
|
Tidak pernah, karena Cuma
disuruh menggambar mencatat dan membaca.
|
2.
|
P
|
:
|
Apa saja praktek yang
sudah dilakukan dalam membuat karya kerajinan tangan pada mata pelajaran seni
budaya dan keterampilan?
|
|
4.6
|
:
|
Menggambar, mencatat dan
membaca
|
3.
|
P
|
:
|
Apakah anda menyukai
praktek yang sudah dilakukan pada mata pelajaran seni budaya dan
keterampilan?
|
|
4.6
|
:
|
Suka, yaitu menggambar dan
mencatat.
|
4.
|
P
|
:
|
Apakah anda pernah
mengalami kesulitan dalam membuat karya kerajinan tangan ?
|
|
4.6
|
:
|
Tidak pernah.
|
5.
|
P
|
:
|
Apakah anda dengan mudah
menerima penjelasan dari guru tentang cara membuat karya kerajinan tangan?
|
|
4.6
|
:
|
Mudah.
|
Wawancara
Dengan
Nama/kode
|
:
|
CAHYO / 4.1
|
Tgl/bulan
|
:
|
7 Juni 2012
|
|
|
|
Isi
Deskripsi Hasil Wawancara
1.
|
P
|
:
|
Apakah anda pernah membuat
suatu karya kerajinan tangan selama pembelajaran seni budaya dan
keterampilan?
|
|
4.1
|
:
|
Tidak, Karena tidak pernah
dipraktekan, entah kenapa gurunya.
|
2.
|
P
|
:
|
Apa saja praktek yang
sudah dilakukan dalam membuat karya kerajinan tangan pada mata pelajaran seni
budaya dan keterampilan ?
|
|
4.1
|
:
|
Hanya menggambar dan
menulis.
|
3.
|
P
|
:
|
Apakah anda menyukai
praktek yang sudah dilakukan pada mata pelajaran seni budaya dan
keterampilan?
|
|
4.1
|
:
|
Suka, Yaitu menggambar.
|
4.
|
P
|
:
|
Apakah anda pernah mengalami
kesulitan dalam membuat karya kerajinan tangan ?
|
|
4.1
|
:
|
Pernah, saat menulis,
karena tulisannya harus rapi, dan catatannya banyak sebanyak 4 lembar.
|
5.
|
P
|
:
|
Apakah anda dengan mudah
menerima penjelasan dari guru tentang cara membuat karya kerajinan tangan?
|
|
4.1
|
:
|
Tidak, karena tidak pernah
membuat kerajinan tangan.
|
Wawancara
Dengan
Nama/kode
|
:
|
IRA / 4.2
|
Tgl/bulan
|
:
|
7 Juni 2012
|
Isi
Deskripsi Hasil Wawancara
1.
|
P
|
:
|
Apakah anda pernah membuat
suatu karya kerajinan tangan selama pembelajaran seni budaya dan keterampilan
?
|
|
4.2
|
:
|
Tidak pernah
|
2.
|
P
|
:
|
Apa saja praktek yang
sudah dilakukan dalam membuat karya kerajinan tangan pada mata pelajaran seni
budaya dan keterampilan ?
|
|
4.2
|
:
|
Menggambar, dan menulis.
Selain itu tidak ada lagi
|
3.
|
P
|
:
|
Apakah anda menyukai
praktek yang sudah dilakukan pada mata pelajaran seni budaya dan keterampilan
?
|
|
4.2
|
:
|
Suka, pada saat
menggambar, karena bagus untuk dilihat.
|
4.
|
P
|
:
|
Apakah anda pernah
mengalami kesulitan dalam membuat karya kerajinan tangan.
|
|
4.2
|
:
|
Pernah. Pada saat
menggambar, yaitu bingung mau gambar apa karena disuruh menggambar bebas.
|
5.
|
P
|
:
|
Apakah dengan meudah
menerima penjelasan dari guru tentang cara membuat karya kerajinan tangan?
|
|
4.2
|
:
|
Sedikit
|
Wawancara
Dengan
Nama/kode
|
:
|
NOSI / 4.3
|
Tgl/bulan
|
:
|
7 Juni 2012
|
|
|
|
Isi
Deskripsi Hasil Wawancara
1.
|
P
|
:
|
Apakah anda pernah membuat
suatu karya kerajinan tangan selama pembelajaran seni budaya dan
keterampilan?
|
|
4.3
|
:
|
Tidak pernah, karena tidak
pernah diajarkan. Pernah disuruh mengerjakan tugas menulis not-not lagu.
Padahal sudah dikerjakan tetapi tidak diperiksa.
|
2.
|
P
|
:
|
Apa saja praktek yang
sudah dilakukan dalam membuat karya kerajinan tangan pada mata pelajaran seni
budaya dan keterampilan?
|
|
4.3
|
:
|
Menggambar dan menulis.
|
3.
|
P
|
:
|
Apakah anda menyukai
praktek yang sudah dialkukan pada mata pelajaran seni budaya dan keterampilan
?
|
|
4.3
|
:
|
Suka, yaitu menulis,
karena bisa mendapatkan ilmu.
|
4.
|
P
|
:
|
Apakah anda pernah
mengalami kesulitan dalam membuat karya kerajinan tangan ?
|
|
4.3
|
:
|
Pernah, ketika menjelaskan
PR, tapi tidak pernah dijelaskan. Saat mengumpul PR, tidak di koreksi.
|
5.
|
P
|
:
|
Apakah anda dengan mudah
menerima penjelasan dari guru tentang cara membuat karya kerajinan tangan?
|
|
4.3
|
:
|
Tidak pernah dijelaskan
tentang cara membuat karya kerajinan tangan, karena kami hanya disuruh
menulis.
|
Wawancara
Dengan
Nama/kode
|
:
|
VINDA /5.4
|
Tgl/bulan
|
:
|
7 Juni 2012
|
1
|
|
|
Isi
Deskripsi Hasil Wawancara
1.
|
P
|
:
|
Apakah anda pernah membuat
suatu karya kerajinan tangan selama pembelajaran seni budaya dan
keterampilan?
|
|
5.4
|
:
|
Tidak pernah, karena
gurunya malas, sering makan ke kantin, nelpon-nelpon dan meninggalkan
ruangan.
|
2.
|
P
|
:
|
Apa saja praktek yang
sudah dilakukan dalam membuat karya kerajinan pada mata pelajaran seni budaya
dan keterampilan ?
|
|
5.4
|
:
|
Menggambar dan menulis,
itupun menulis banyak sekali.
|
3.
|
P
|
:
|
Apakah anda menyukai
praktek yang sudah dilakukan pada mata pelajaran seni budaya dan keterampilan?
|
|
5.4
|
:
|
Suka, yaitu menggambar.
|
4.
|
P
|
:
|
Apakah anda pernah
mengalami kesulitan dalam membuat karya kerajinan tangan?
|
|
5.4
|
:
|
Tidak pernah,karena
menggambar itu mudah.
|
5.
|
P
|
:
|
Apakah dengan mudah
menerima penjelasan dari guru tentang cara membuat karya kerajinan tangan?
|
|
5.4
|
:
|
Mudah, karena ada
penjelasan dari ibu
|
Wawancara
Dengan
Nama/kode
|
:
|
PUTRI / 5.5
|
Tgl/bulan
|
:
|
7 Juni 2012
|
|
|
|
Isi
Deskripsi Hasil Wawancara
1.
|
P
|
:
|
Apakah anda pernah membuat
suatu karya kerajinan tangan selama pembelajaran seni budaya dan
keterampilan?
|
|
5.5
|
:
|
Tidak pernah, karena
gurunya malas, kerjanya ngantar anak, keluar cari makan ke kantin dan di
datangi orang dari koperasi
|
2.
|
P
|
|
Apa saja kah praktek yang
dilakukan dalam membuat karya kerajinan tangan pada mata pelajaran seni
budaya dan keterampilan?
|
|
5.5
|
:
|
Menggambar dan menulis.
Itupun menulis di dikte, dan selalu menyuruh Fadil yang mendikte pada saat
kami menulis kalau ibu tidak ada di ruangan.
|
3.
|
P
|
:
|
Apakah anda menyukai
praktek yang sudah dilakukan pada mata pelajaran seni budaya dan
keterampilan?
|
|
5.5
|
:
|
Kalau menggambar suka,
yang tidak suka menulis, Karena catatannya banyak sebanyak 2 lembar, kalau
ibu yang siktecepat sekali.
|
4.
|
P
|
:
|
Apakah anda pernah
mengalami kesulitan dalam membuat karya kerajinan tangan ?
|
|
5.5
|
:
|
Tidak pernah, karena hanya
menggambar itu gampang.
|
5.
|
P
|
:
|
Apakah anda mudah menerma
penjelasan dari guru tentang cara membuat karya kerajinan tangan?
|
|
5.5
|
:
|
Mudah, Karena hanya
memberitahukan kami mengerjakan dan menulis.
|
Wawancara
Dengan
Nama/kode
|
:
|
RIDHO / 5.6
|
Tgl/bulan
|
:
|
7 Juni 2012
|
|
|
|
Isi
Deskripsi Hasil Wawancara
1.
|
P
|
:
|
Apakah anda pernah membuat
suatu karya kerajinan tangan selama pembelajaran seni budaya dan
keterampilan?
|
|
5.6
|
:
|
Tidak pernah, karena
gurunya malas mengajar, kerjanya sering-serin keluar
|
2.
|
P
|
:
|
Apa saja praktek yang
sudah dilakukan dalam membuat karya kerajinan tangan pada mata pelajaran seni
budaya dan keterampilan?
|
|
5.6
|
:
|
Menulis dan menggambar
saja.
|
3.
|
P
|
:
|
Apakah anda menyukai
praktek yang sudah dilakukan pada mata pelajaran seni budaya dan
keterampilan.
|
|
5.6
|
:
|
Suka, yang bagian
menggambar, karena gampang.
|
4.
|
P
|
:
|
Apakah anda pernah
mengalami kesulitan dalam membuat karya kerajinan tangan ?
|
|
5.6
|
:
|
Tidak pernah, Karena
menggambarnya bebas.
|
5.
|
P
|
:
|
Apakah anda mudah menerima
penjelasan dari guru tentang cara membuat karya kerajinan tangan ?
|
|
5.6
|
:
|
Mudah, Karena gurunya
hanya menyuruh kami menggambar dan menulis.
|
Wawancara
Dengan
Nama/kode
|
:
|
TAMARA / 5.1
|
Tgl/bulan
|
:
|
7 Juni 2012
|
|
|
|
Isi
Deskripsi Hasil Wawancara
1.
|
P
|
:
|
Apakah anda pernah membuat
suatu karya kerajinan tangan selama pembelajaran seni budaya dan
keterampilan?
|
|
5.1
|
:
|
Tidah pernah, Karena
Gurnya malas, biasanya pergi ke kantin, bayar pajak, ngantar anak dan
lain-lain.
|
2.
|
P
|
:
|
Apa saja praktek yang
sudah dilakukan dalam membuat karya kerajinan tangan pada mata pelajaran seni
budaya dan keterampilan ?
|
|
5.1
|
:
|
Hanya menggambar dan
meringkas
|
3.
|
P
|
:
|
Apakah anda menyukai praktek yang sudah dilakukan
pada mata pelajaran seni budaya dan keterampilan?
|
|
5.1
|
:
|
Tidak, terutama pada
meringkas.
|
4.
|
P
|
:
|
Apakah anda pernah
mengalami kesulitan dalam membuat karya kerajinan tangan?
|
|
5.1
|
:
|
Pernah, pada saat
menggambar gajah
|
5.
|
P
|
:
|
Apakah anda dengan mudah
menerima penjelasan dari guru tentang cara membuat karya kerajinan tangan?
|
|
5.1
|
:
|
Tidak, karena ngomongnya
cepat pada saat mendikte.
|
Wawancara
Dengan
Nama/kode
|
:
|
FADIL / 5.2
|
Tgl/bulan
|
:
|
7 Juni 2012
|
|
|
|
Isi
Deskripsi Hasil Wawancara
1.
|
P
|
:
|
Apakah anda pernah membuat
suatu karya kerajinan tangan selama pembelajaran seni budaya dan
keterampilan?
|
|
5.2
|
:
|
Belum pernah karena kurang
ada bakatnya.
|
2.
|
P
|
:
|
Apa saja praktek yang
sudah dilakukan dalam membuat karya kerajinan tangan pada mata pelajaran seni
budaya dan keterampilan ?
|
|
5.2
|
:
|
Menggambar dan meringkas
|
3.
|
P
|
:
|
Apakah anda menyukai
praktek yang sudah dilakukan pada mata pelajaran seni budaya dan keterampilan
?
|
|
5.2
|
:
|
Yang tidak suka itu
mencatat, karena diktenya cepat-cepat jadinya ada yang tertinggal, kalau yang
suka itu menggambar
|
4.
|
P
|
:
|
Apakah anda pernah
mengalami kesulitan dalam membuat kerajinan tangan ?
|
|
5.2
|
:
|
Pernah, saat disuruh bikin
kandang binatang beserta binatangnya itu sulit sekali.
|
5.
|
P
|
:
|
Apakah anda dengan mudah
menerima penjelasan dari guru tentang cara membuat kerajinan tangan?
|
|
5.2
|
:
|
Tidak, karena ngomongnya
cepat dan tidak pernah menulis di papan tulis, sehingga lambat untuk
menyimak.
|
Wawancara
Dengan
Nama/kode
|
:
|
DINDA / 5.3
|
Tgl/bulan
|
:
|
7 Juni 2012
|
|
|
|
Isi
Deskripsi Hasil Wawancara
1.
|
P
|
:
|
Apakah anda pernah membuat
suatu karya kerajinan tangan selama pembelajaran seni budaya dan
keterampilan?
|
|
5.3
|
:
|
Tidak, karena gurunya
malas, biasanya kerjanya ngantar anak, dan banyak lagi.
|
2.
|
P
|
:
|
Apa saja praktek yang
dilakukan dalam membuat karya kerajinan tangan pada pembelajaran seni budaya
dan keterampilan?
|
|
5.3
|
:
|
Menggambar dan meringkas
|
3.
|
P
|
:
|
Apakah anda menyukai
praktek yang sudah dilakukan dalam mata pelajaran seni budaya dan
keterampilan ?
|
|
5.3
|
:
|
Kalau menggambar suka,
kalau mencatat tidak suka.
|
4.
|
P
|
:
|
Apakah anda pernah
mengalami kesulitan dalam membuat karya kerajinan tangan ?
|
|
5.3
|
:
|
Pernah, pada waktu
menggambar burung, itu sangat sulit.
|
5.
|
P
|
:
|
Apakah anda dengan mudah
menerima penjelasan dari guru tentang cara membuat karya kerajinan tangan?
|
|
5.3
|
:
|
Tidak mudah, karena ibu
bicaranya cepat-cepat
|
Gan..Ada contoh wawancara untuk gambaran epidemiologi penyakit DBD gak yah??
BalasHapustrimakasih
BalasHapusAnalisisnya nga' ada..
BalasHapusmaaf gan.. kode KS itu apa ya ?
BalasHapusthanks gan
BalasHapusThe online casino of 2021 - Advantages and Disadvantages
BalasHapusTo know how you can maximize your profit in real money gambling, click here. Learn how to 온카지노 사이트 play online casino games.